Makanan Yang Mengurangi Selulit ~ Catatan Sehat

Wednesday, 8 February 2012

Makanan Yang Mengurangi Selulit




Coba cek paha Anda, bagian bawah bokong, atau bagian bawah perut. Jika tekstur kulit Anda di area tersebut cenderung kasar, bergelambir, dan bergurat-gurat penuh lemak, itulah selulit. Selulit bukan hanya masalah yang dialami orang-orang bertubuh gemuk. Bahkan pada yang bertubuh kurus pun, terkadang selulit dapat ditemukan terutama di paha dan bokong.

Selulit disebabkan oleh banyak hal, di antaranya hormon, pola makan, gaya hidup yang tidak sehat, pakaian dalam yang terlalu ketat, dan faktor genetis. Selulit juga tak dapat dihilangkan secara permanen, namun kita bisa mengurangi penumpukan lemak di bawahnya dan membuat selulit terlihat berkurang dan penampakannya tersamar.
                       
      best seller
Natural Anti Cellulite Oil




           Lemak bukan penyebab terjadinya selulit

Terkait dengan lemak bukanlah faktor yang menjadikan selulit menjadi nampak kental serta bergelombang. Seperti diungkapkan para ahli bahwasanya lemak justru bisa menjadikan penentu keindahan kulit.
Bisa di saksikan pada lemak wajah yang akan menampilkan pada keindahan pipi yang terlihat ranum,pada anak muda misalnya.
Bahkan para ahli bedah plastik pun mematok biaya yang sangat tinggi untuk menyuntikan lemak pada area wajah ataupun tubuh pasien.Suatu bukti bahwa suntikan lemak justru dipergunakan untuk memperbaiki keindahan serta penampilan kulit terkait dengan kemunculan selulit.

         Lebih banyak tejadi pada wanita?

Pada umumnya banyak yang mempertanyakan tentang keberadaan selulit yang kebanyakan terjadi pada wanita,kenapa pada pria jarang ditemukan keberadaan selulit.
Bahkan pada pria bertubuh gemuk pun jarang ditemukan selulit dan justru pada wanita yang bertubuh kurus justru terdapat selulit.
Untuk dipahami bahwa meskipun selulit cenderung memperburuk keadaan pada bagian kulit tertentu dengan adanya timbunan lemak,selulit ini dapat mempengaruhi pada wanita bahkan yang kurus sekalipun.
Alasanya,seperti telah diutarakan bahwa penyebab terjadinya selulit bukanlah karena keberadaan lemak.
Pada bagian bawah kulit terdapat jaringan lapisan ikat yang bernama fibrosa yang berfungsi untuk meletakan kulit pada otot dibawahnya.Pada kebanyakan pria jaringan ikat ini diatur secara  menyilang atau diagonal dalam pola yang halus dan berkesinambungan.
Beda lagi dengan jaringan ikat yang terdapat pada wanita,yang diatur secara vertikal ( tegak lurus ) terhadap kulit.Hal ini yang menyebabkan serabut serabut halus yang disebut septa menambatkan kulit ke jaringan di bawahnya pada titik titik tertentu yang menyebabkan terciptanya ruang lemak terpisah untuk mendesak kulit semantara sabuk serat menarik kulit ke bawah.
Perbedaan pengaturan inilah ditambah dengan faktor pada pria yang memiliki kondisi kulit yang lebih tebal,bisa menjelaskan tentang fakta mengapa selulit lebih banyak terdapat pada wanita ketimbang pada pria.


Berikut ini delapan bahan makanan yang dipercaya bisa memerangi selulit:

     1. Blueberry

Buah mungil berwarna biru ini mengandung polyphenol yang sudah terbukti dapat mengurangi penumpukan lemak.

     2. Sayuran hijau, kacang-kacangan, dan bawang putih

Bahan-bahan makanan ini memperkuat fungsi hati sehingga metabolisme tubuh dalam mengusir lemak menjadi lebih cepat.

     3. Lemon

Sari lemon membantu mengusir racun dari dalam tubuh, termasuk lemak yang tak sehat. Agar lebih efektif, campurkan lemon dengan teh herbal atau teh jahe.

     4. Jus hijau

Setiap hari, sempatkan mengonsumsi jus timun atau jus lain yang terbuat dari sayuran segar dengan kandungan serat yang tinggi.

     5. Minyak zaitun

Tinggalkan minyak goreng yang diproduksi di pabrik dan sudah melewati berbagai proses pemanasan yang tak sehat. Gantikan dengan minyak zaitun yang bukan hanya lebih sehat tapi juga lebih enak.

     6. Tauge

Tauge dan jenis-jenis kecambah lain memiliki kandungan enzim yang bahkan lebih tinggi dair sayur dan buah. Enzim ini sangat membantu dalam proses pencernaan.

     7. Pepaya dan nanas

Sama seperti tauge, kedua buah ini juga memiliki kandungan enzim yang tinggi yang membantu tubuh mencerna bahan makanan termasuk lemak dengan lebih efektif.

     8. Air mineral

Jangan bosan membaca artikel yang mengingatkan Anda untuk minum air mineral minimal 8 gelas sehari. Ini adalah kunci penting bukan hanya untuk menjaga kesehatan, tapi juga merawat kecantikan.

      Bukan menghilangkan sepenuhnya,tetapi menyamarkan

Bagian terpenting dari masalah selulit adalah bahwasanya anda tidak dapat menghilangkan sepenuhnya selulit ,yang dapat anda lakukan adalah menyamarkan penampakan selulit dengan menjalani pola hidup yang sehat.
Kombinasi dari olah raga dan diet yang tepat dapat mengurangi timbunan lemak di bawah kulit,dan hal ini secara langsung dapat mengurangi penampakan selulit.
Disamping itu juga pola makan yang tepat dan teratur dapat memperkuat kulit serta jaringan ikat dsan tampak menjadi sehat serta juga kenyal.
Selain itu tetap menjaga hidrasi dan pola makan yang benar yang akan mencegah ritensi cairan yang bisa memperburuk selulit.
Dalam hal olah raga bisa membantu meminimalisir selulit dalam banyak cara.Selain membantu mengurangi timbunan lemak pada bagian bawah kulit,olah raga juga dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dan bentuk otot pada area yang rentan terhadap selulit.
Peningkatan sirkulasi darah yang tepat akan menjaga kesehatan kulit dan jaringan ikat serta membantu mengeliminasi sampah dan cairan retensi yang berlebih.













0 comments:

Post a Comment