Ngopi Menurangi Resiko Depresi ~ Catatan Sehat

Saturday, 4 February 2012

Ngopi Menurangi Resiko Depresi


Hobi nyeruput kopi ternyata menguntungkan bagi kesehatan mental.Suatu penelitian menunjukan bahwa para wanita yang hobi ngopi memiliki resiko yang lebih rendah dalam hal depresi,dibandingkan dengan mereka yang minum kopi hanya sekali.Meski masih terlalu dini mengungkapkan bahwa ngopi berpengaruh terhadap pengurangan depresi,namun paling tidak bisa mengurangi perasaan bersalah para pecandu ngopi.

Suatu hasil riset paling nggak telah mengurangi citra negatif kafein pada kopi.Kafein pada posisi tinggi dewasa ini dikaitkan dengan gejala kecemasan dan penyakit psikiatri lainya,sehingga banyak para ahli mrnyarankan untuk mengurangi konsumsi kopi.Sekitar 80% kafein didunia dikonsumsi dalam bentuk kopi.Kafein merupakan stimulan sistem syaraf yang paling banyak digunakan,penelitian menunjukan kafein berpengaruh pada kesehatan jantung,inflamasi dan kanker.Dan untuk efek kafein pada mood jarang sekali peneliti yang tertarik untuk melakukan penelitian.Dalam jangka pendek kafein memiliki efek positif pada mood,meningkatkan energi dan langsung membuat kita terjaga karena itu menarik untuk mengetahui apa efek untuk jangka panjang.

Dalam penelitian yang melibatkan wanita sejumlah 51.000 berusia rata rata 63 tahun,para peneliti mengikuti kesehatan mereka.Dalam laporan disebutkan bahwa tidak ada peserta yang mengalami depresi atau mengkonsumsi antidapresan.
Para wanita yang mengkonsumsi 4 cangkir tiap harinya resiko untuk mengalami depresi berkurang hingga 20 persen,sementara yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir tiap harinya resiko depresi berkurang hingga 15 persen dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi satu cangkir kopi tiap harinya.
Kafein memiliki efek pelepasan beberapa neurotransmitter termasuk dopamin dan serotonin yang berpengaruh terhadap pengaturan mood dan depresi.Dan pada kenyatanya sebenarnya efek kafein jangka panjang belum diketahui.Kafein memiliki efek anti depresan,ambil kandungan yang paling kuat efeknya dalam mengusir depresi.

Dalam suatu penelitian di nyatakan bahwa kopi memiliki antioksidan yang lebih baik dari sumber lain misalnya buah maupun sayuran.Diketahui pula kopi memiliki manfaat yang besar bila diminum dengan sedikit gula yang akan lebih banyak memberikan efek positif lebih besar dari efek negatifnya.

Disamping manfaat lain dari meminum kopi yang bisa mengurangi resiko depresi seperti yang telah diulas sebelumnya,beberapa manfaat besar lainya dari minum kopi dapat diutarakan sebagai berikut :

         Mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2

Para peneliti mengungkapkan bahwasanya semakin sering mengkonsumsi kopi tanpa gula bisa mengeliminir resiko terkena diabetes tipe 2. Diperkuat dari hasil sebuah survey yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan banyak lebih dari 700 wanita pada tahun 2011 yang menyatakan bahwa apabila wanita manaupose meminum 4 cangkir kopi dalam sehari akan mampu menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen.
Kopi dianggap dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh,serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin.
Selain itu kopi meningkatkan kadar protein yang disebut hormon sex,pengikat glubolin dalam darah yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang dengan kelainan genetik.

          Melawan kanker

Pada saatnya kopi pernah dianggap sebagai pemicu timbulnya kanker,tanpa mempertimbangkan hal lain seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol.
Seiring perkembangan waktu kini diperoleh fakta bahwa kopi dapat melindungi dari serangan kanker tertentu dengan mengikat DNA.
Pada tahun 2011 tim Harvard menjelaskan bahwa wanita yang meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko lebih rendah terkena kanker endometrium.
Sedangkan pada pria memiliki 60 persen resiko lebih rendah terkena kanker prostat yang mematikan bila mengkonsumsi 6 cangkir kopi dalam sehari.
Disamping itu penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan meminum kopi dapat melawan resiko kanker usus besar,kanker dubur,kanker mulut serta kanker kerongkongan.

          Menurunkan resiko dimensia / pikun

Para ahli belum sepenuhnya mengetahui ataupun memahami apa sebenarnya penyebab dari perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.
Namun mereka para ahli banyak mempelajari tentang faktor dimensia,dan ternyata diperoleh suatu hasil penelitian yang menyatakan bahwa kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan resiko tersebut.
Pada suatu riset yang diadakan di Denmark dan Swedia,yang dilakukan pada 1600 lebih orang dewasa yang meminum kopi setiap hari.
Mereka yang minum kopi antara 3 - 5 cangkir kopi setiap harinya 65 persen lebih rendah terkena resiko penyakit dimensia daripada mereka yang hanya meminum kopi sebanyak 2 cangkir per harinya atau yang tidak sama sekali.
Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk dimensia vaskular.

           Melindungi tubuh dari penyakit parkinson

Penyakit parkinson timbul dikarenakan terjadinya gangguan pada otak,yaitu terjadinya kemunduran pada sistem syaraf pusat manusia.
Penyakit ini ditandai dengan adanya ketidakteraturan pergerakan ,kesulitan pada saat mulai pergerakan dan juga kekakuan otot.
Dalam hal ini kopi membantu para pria dalam menurunkan resiko terkena penyakit parkinson dalam takaranya seorang pria yang mengkonsumsi kopi sebanyak 2 atau 3 cangkir kopi berkafein dalam seharinya memiliki resiko 25 persen lebih rendah terkena resiko penyakit parkinson.
Pada awalnya memang para peneliti dan ilmuwan tidak yakin bahwa kopi mampu untuk melindungi para pria dari penyakit parkinson,namun penelitian selanjutnya ditemukan sebuah gen yang bernama Grin2a yang ternyata mampu melindungi pria dari penyakit parkinson.

Sebuah ulasan tentang manfaat dari meminum kopi yang ternyata mampu untuk melindungi dari serangan bermacam penyakit yang semoga dapat diambil manfaatnya.

0 comments:

Post a Comment