Pekerjaan Pemicu Depresi ~ Catatan Sehat

Saturday, 4 February 2012

Pekerjaan Pemicu Depresi



STRES atau depresi adalah masalah umum yang dialami semua pekerja,baik itu pekerja kantoran ataupun para pekerja yang sering kita sebut pekerja lapangan.Suatu penelitian kesehatan mental,di Amerika sana mengungkapkan bahwa ada beberapa aspek yang berkontribusi atau memperburuk stress terhadap pekerjaan,diantaranya adalah jam kerja yang tidak menentu.

Dan stress itu sendiri adalah merupakan gejala sosial psikologis yang paling populer pada abad sekarang ini.Tentu anda bisa mengamati ataupun menjumpai orang orang dengan keadaan stres di sekitar anda,ataupun di tempat kerja.Namun perlu juga untuk di ketahui juga bahwa stres ini bukan merupakan suatu penyakit,namun begitu dapat mempengaruhi kesehatan penderita.
Suatu catatan yang berkaitan dengan stres menyatakan bahwa :
- Stres di tempat kerja adalah yang paling banyak dialami dan menjadi penyebab terbesar,hal ini sesuai data yang di peroleh di Eropa setidaknya lebih dari 40 juta orang atau setidaknya 1 dari 3 pekerja mengalami stres di tempat kerja.
- Sebuah survey juga menyatakan bahwasanya lebih dari seperempat pekerja melakukan absen selama dua minggu ( akumulasi ) dalam satu tahun yang diakibatkan karena gangguan kesehatan yang terkait dengan stres yang dialaminya.
- Stres di tempat kerja adalah merupakan masalah kedua yang dialami setelah masalah sakit punggung.


Diantara sekian banyak jenis pekerjaan,ada pekerjaan tertentu yang sangat rentan terhadap stress dan tekanan.
Berikut ini daftarnya:

Perawat khusus orang Jompo dan Anak Kecil,orang yang bekerja dibidang layanan kesehatan pribadi sangat rentan terhadap stres dan takanan.Karena mereka sering bertemu dengan orang yang sakit,dan tidak mendapat dukungan positif dari orang yang dirawatnya.

Pelayan Restoran,kelompok kerja yang sering kurang dihargai,bahkan sering mendapatkan perlakuan yang cenderung kasar dari pembrli.Ketika seseorang pada posisi depresi,akan sulit untuk menyalurkan energi dan termotivasi.

Pekerja Sosial,mereka beresiko mengalami depresi.jenis pekerjaan mereka adalah berhubungan dengan orang orang yang membutuhkan pertolongan misalnya kasus pelecehan,dapat mimicu stres yang tinggi.Mereka bekerja untuk orang orang yang memerlukan bantuan sehingga menyita waktu mereka.Banyak pekerjaan sosial dan forum forum peduli yang mudah terbakar emosi.

Pekerja Sektor Kesehatan,dokter,perawat,terapis dan profesi bidang kesehatan yang lainya cenderung mempunyai resiko stres yang tinggi karena cenderung memiliki jam kerja yang tidak menentu dan bertanggung jawab besar terkait dengan keselamatan nyawa orang lain.Setiap hari mereka melihat penyakit,trauma,kematian,serta berurusan dengan keluarga pasien.

Seniman,entertainer dan penulis,pekerja jenis ini mempunyai pendapatan yang tidak teratur dan jam kerja yang tidak pasti.Orang orang kreatif juga beresiko tinggi mengalami gangguan mood.

Guru,tuntutan terhadap tenaga pengajar atau guru akan semakin berkembang.Ada tuntutan yang berbeda dari anak anak,orang tua murid dan sekolah terkait pemenuhan standar nilai,setiap kelompok memiliki tuntutan yang berbeda.

Staff Administrasi,pekerja jenis ini berada di garis depan dan menerima banyak perintah dari segala arah tetapi di bagian bawah dalam hal kontrol.Makanya mereka kadang mengalami hari tak terduga dan tidak mendapatkan pengakuan terkait dengan yang telah mereka kerjakan.

Maintenence,mereka harus kerja dengan jam kerja yang aneh,bervariasi dan sering kerja shift malam.Bahkan pekerja dalam kelompok ini kadang menerima upah yang kecil,meskipun pekerjaan yang      mereka lakukan tergolong sulit.

Penasehat Keuangan dan Akuntan,mereka memiliki tanggung jawab yang besar terkait dengan keuangan orang lain.Mereka juga akan merasa bersalah apabila klien mereka kehilangan uang.

Sales,banyak tenaga penjual yang bekerja pada sistem komisi,yang artinya mereka tidak tahu persis kapan penghasilan berikutnya akan datang.Pekerja sales juga melakukan perjalanan jauh,sehingga menghabiskan waktunya jauh dari rumah, keluarga dan teman teman.Mereka pada kondisi tentang ketidakpastian pendapatan,tekanan yang luar biasa dan jam kerja yang panjang.hal ini dapat memicu stress yang tinggi.

Adapun masalah stres yang timbul di tempat kerja biasanya terjadi karena hal hal utama yang saya utarakan berikut ini diantaranya :

- Kondisi pekerjaan yang memang selalu dibawah tekanan.
- Job deskripsi pekerjaan yang diberikan kurang jelas.
- Adanya peningkatan penjualan yang dalami juga memicu stres.
- Adanya faktor dari pekerja itu sendiri dalam melakukan aktifitas kerjanya yang kurang direncanakan.
- Adanya konflik sesama karyawan yang berujung dengan saling mengancam.
- Dari sisi konsumen anda juga sendiri bisa memicu keadaan stres misalnya terkait dengan ketidakpuasan terhadap barang ataupun layanan yng diberikan.
- Adanaya kondisi yang membuat keadaan menjadi tidak nyaman yang dialami para pekerja yang bisa disebabkan karena sesama pekerja saling mengganggu misalnya,ataupun kondisi tempat kerja yang memang secara fisik tidak nyaman misalnya suara gaduh ataupun bising dari mesin.
- Dan hal yang paling aneh atau setidaknya fatal adalah tidak adanya suatu usaha untuk menetralisir ataupun menghilangkan dari adanya gangguan gangguan tersebut.
Tentunya kita semua sangatlah tidak menginginkan terjadinya gangguan ataupun kondisi stres ditrmpat kerja seperti yang telah diutarakan tersebut.
Suatu kondisi yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya gannguan kesehatan mental dan juga fisik seperti keadaan gelisah,gugup,menjadi tidak fokus dan juga rasa letih yang berkepanjangan.

Namun demikian setiap permasalahan yang timbul pasti dengan sendirinya terdapat sebuah penyelesaian atau dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkanya.
Berikut ini trik ataupun cara untuk mengatasi stres di tempat kerja yang bisa anda terapkan :

- Yang paling utama dari suatu aktifitas maupun pekeerjaaan yang dilakukan adalah sebuah perencanan.Demikian juga anda haruslah selalu merencanakan apa yang akan dilakukan terkait pekerjaan misalnya tentang apa,dengan siapa,kapan,bagaimana terkait dengan semua proses kerja anda.Dan tentang perencanaan kerja ini penting sekali untuk membuat rencana kerja bukan hanya tahunan namun juga bulanan juga harian.
- Selalu mengevaluasi tentang masalah masalah ditempat kerja pada masa lalu,dan coba untuk mengingat pemecahan masalah masalah tersebut.
- Anda juga bertanggung jawab terhadap iklim atau suasana kerja yang kondusif,dengan tetap bekerja sama ataupun berkomunikasi dengan baik.
- Ketahuilah semua tugas serta tanggung jawab pekerjaan yang anda terima serta jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang tidak anda mengerti.
- Jagalah untuk selalu bersikap yang baik,bertoleransi terhadap sesama karyawan,Bahwasanya masing masing karyawan memiliki potensi tersendiri misalnya beberapa orang dapat berprestasi dengan baik pada pekerjaan dibawah tekanan serta ada juga beberapa lainya yang membutuhkan waktu lebih untuk dapat menyelesaikan pekerjaanya dengan baik.
- Untuk selalu mendelegasikan sebagian tugas kepada bawahan.
- Hal yang juga penting untuk selalu menjaga keutuhan,semangat team ataupun bagian dari tempat kerja anda misalnya dengan melakukan rekreasi atau olah raga bersama.
- Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda melakukan kerja dengan cara santai dan jangan melakukan apapun,ambil nafas dalam dalam.

Sedikit ulasan tentang stres yang dapat terjadi di tempat kerja dengan hal yang melatar belakanginya serta beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya terjadi.
Semoga dapat memberikan manfaat ataupun ide ide yang lebih bagus setelah membacanya.



0 comments:

Post a Comment