Penyebab Flu ~ Catatan Sehat

Saturday, 11 February 2012

Penyebab Flu


Seperti dikutip dari ivillage.co.uk, ada saluran di dalam mata yang terhubung rongga hidung. Rongga tersebut bisa menjadi jalan bagi masuknya kuman penyebab flu. Karena itu, menghindari menyentuh mata dan hidung merupakan salah satu cara mencegah sakit flu.



Sakit flu sering melanda terutama di musim hujan dan pancaroba. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit flu.
Tahukah anda bahwa mata juga bisa menangkap virus flu? Seperti dikutip dari ivillage.co.uk, ada saluran di dalam mata yang terhubung rongga hidung. Rongga tersebut bisa menjadi jalan bagi masuknya kuman penyebab flu. Karena itu, menghindari menyentuh mata dan hidung merupakan salah satu cara mencegah sakit flu.

Sebagaian virus menyerang manusia, termasuk flu disebabkan karena kontak langsung dengan orang lain atau sesuatu yang mengandung banyak kuman. Sering mencuci tangan setelah menyentuh pegangan pintu, komputer atau benda lainnya adalah langkah untuk pertahanan tubuh yang baik.
Ingat, setelah cuci tangan, keringkan dengan mesin pengering atau handuk pribadi. Jangan mengeringkan tangan dengan handuk yang dipakai bersama-sama.
Jika anda sulit menghindari kontak dengan seeorang yang sakit flu karena sedang ada dalam perjalanan, anda bisa menggunakan masker dan sarung tangan. Menggunakan sarung tangan juga bisa mengurangi kontak dengan kuman yang ada di kursi. Jika kebetulan berdekatan dengan penderita flu, anda harus mencuci tangan lebih sering dari biasanya. Lebih praktis, kini ada hand sanitizer yang bisa langsung dioleskan ke tangan tanpa bilas.

Agar daya tahan tubuh terhadap virus kuat, anda harus sering berolah raga. Akan lebih baik jika olah raga dilakukan di tempat terbuka agar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Vitamin D terbukti bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang tahan terhadap sakit flu.
Bagi anda yang tak sempat olah raga, vitamin D bisa diperoleh dari ikan berminyak, makanan susu, sereal dan margarin. Hindari stres karena hal itu bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.
Penelitian yang dilakukan oleh profesor Ron Eccles, direktur pusat studi flu Universitas Cardiff, menyimpulkan virus flu lebih mudah berkembang biak di hidung yang dingin. Agar terhindar dari flu, ada baiknya anda menggunakan syal atau masker agar menjaga suhu hidung tetap hangat.

Dalam hal flu ini sebenarnya tidaklah perlu penanganan dokter,karena biasanya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.Ada beberapa cara mandiri yang bisa anda lakukan dalam upaya pengobatan flu yang sedang anda alami misalnya dengan beristirahat yang cukup,banyak minum serta menjaga tubuh agar tetap hangat.
Dalam hal pemakaian obat bisa meminum obat paracetamol atau ibuprofen yang dapat anda beli secara bebas di apotek untuk menurunkan demam serta mengurangi rasa sakit dan juga pegal.
Dalam hal pemakaian antibiotik tidaklah perlu anda lakukan karena pemakaian antibiotik hanya diperuntukan bagi penyakit yang disebabkan oleh bakteri,sedangkan flu ini penyebabnya adalah virus.

Penyakit flu ini jarang menimbulkan komplikasi yang serius pada penderitanya,namun begitu resiko untuk terkena komplikasiinfeksi cukup rentan pada kalangan:

   - Anak anak
   - Ibu hamil
   - Manula
   - Penderita penyakit serius seperti gagal jantung, penyakit paru paru ataupun diabetes
   - Orang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun seperti penderita kanker dan HIV

      Pencegahan

Virus penyebaran penyakit flu ini terjadi melelui bulir liur yang dikeluarkan oleh penderita flu ketika batuk ataupun bersin.Dan pastinya benda benda yang telah terkontaminasi virus flu juga dapat menjadi media penularan penyakit flu.
Secara jelas dapat dikatakan bahwa untuk mencegah terkena penyakit flu adalah dengan selalu menjaga kebersihan,dengan selalu jangan lupa untuk selalu mencuci tangan ketika akan makan.
Dan juha ketika cuaca sedang tidak baik bagi pengendara kendaraan disarankan untuk menggunakan masker saat bepergian.

Pencegahan lainya dapat dilakukan dengan vaksinasi dan dianjurkan bagi mereka yang rentan mengalami komplikasi flu.
Vaksin Influenza yang diberikan di Indonesia adalah vasin Influenza Tipe A dan B.Dimana vaksin ini mengandung virus yang tidak aktif dan diberikan dengan cara disuntikan ke otot ( instramskular ).
Rekomendasi yang tepat untuk pemberian vaksin ini dilakukan pada :

   - Semua orang yang berusia 65 tahun atau lebih
   - Anak anak dewas dengan penyakit menahun seperti asma,diabetes , pemyakit ginjal dan juga pa
     da anak dengan daya tahan tubuh yang rendah.
   - Orang yang sering terpapar virus influenza misalnya pada orang tenaga kesehatan ,orang yang
     tinggal serumah dengan penderita dan pengasuh anak yang berusia 6 - 23 bulan.
   - Imunisasi Influenza ini juga tepat diberikan pada anak yang berusia 6 - 23 bulan dengan frekuensi
     pengulangan satu kali dalam setahun.
     Pada anak dewasa dengan daya tahan tubuh yang rendah, pemberian vaksin ini dilakukan hanya
     sebanyak dua kali dengan selang satu bulan dari pemberian yang pertama.

Namun begitu terdapat juga kondisi kondisi tertentu dengan yang disarankan untuk tidak menerima vaksin influenza ini,diantaranya :

   - Orang yang mengalami reaksi alergi yang hebat pada pemberian sebelumnya .
   - Orang dengan mengalami pembengkakan pada bibir serta lidah setelah memakan telur atau menga
    lami disters nafas atau pingsan.
   - Seseorang yang sedang mengalami demam tinggi .

Sebuah ulasan tentang penyakit flu yang biasanya terjadi pada manusia gejalanya serta langkah pencegahanya yang semoga memberikan manfaat tersendiri pagi pembaca.

     

0 comments:

Post a Comment