Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak ~ Catatan Sehat

Wednesday, 25 May 2016

Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak



Sudahkah anda mengetahui bahwa jenis kulit berminyak adalah yang paling rentan terhadap timbulnya jerawat pada wajah anda?
Untuk itulah perlu dilakukan satu perawatan yang benar terhadap jenis kulit berminyak ini,karena jika benar dalam merawatnya jenis kulit ini berpotensi menjadi awet muda.
Berikut ini disajikan beberapa cara yang diperlukan untuk merawat jenis kulit berminyak.






     Pelembab bebas minyak

Terlihat aneh,namun demikian kulit berminyak bisa menjadi kering dan membutuhkan pelembab juga dan jika kulit berminyak menjadi kering akan mengakibatkan proses produksi minyak tambahan dan oleh karenanya gunakanlah pelembab yang bebas minyak dan ringan.

     Jangan sering mencuci wajah

Mencuci wajah dua kali sehari sudahlah sangat cukup untuk membersihkan minyak dan kotoran berlebih dan jika anda mencucinya lebih dari itu akan merangsang produksi minyak berlebih dan untuk menghindari air dingin dalam mencuci wajah serta sebaiknya menggunakan air hangat.

     Makanan

Bahwasanya apa yang anda makan itulah yang akan memberikan efek secara langsung pada kulit,dan apabila anda memiliki kulit dengan jenis kulit berminyak maka sebaiknya konsumsilah jenis makanan yang kaya akan protein,vitamin B2 dan B5,sayuran hijau serta duah buahan segar.
Selain itu juga untuk banyak banyak minum air putih sesuai anjuran yaitu delapan gelas perhari dengan tujuan untuk membilas racun dan sekiranya juga untuk membatasi konsumsi gula,garam,junk food dan lemak tidak sehat.

      Membersihkan

Adalah sangat penting bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak untuk membersihkanya setiap hari dan sekiranya bersihkan kulit wajjah anda dua kali dalam satu hari untuk menyingkirkan kelebihan minyak dan membersihkan pori pori dari kotoran.

     Gunakan tabir surya

Jika ingin melindungi kulit berminyak anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya maka sebaiknya pilihlah jenis tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dan pastikan bahwa tabir surya tersebutr tidak mengandung pelembab di dalamnya.

     Salicylid acid

Asam salisilat mengelupas kelenjar produksi minyak dan folikel serta mengurangi jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kulit.
Dan daisarankan ketika anda membeli pembersih atau cream wajah pastikan didalamnya terkandung zat ini.

     Jangan pakai foundation

Gunakanlah riasan seminimum mungkin dan jika memungkinkan untuk menghindari foundation.
Make up akan meningkatkan penyumbatan pori pori dan hal ini akan membuat kulit anda rentan terhadap munculnya jerawat dan sebaiknya untuk memilih tinted moisturizers,powder atau plain concealer.

     Jangan digosok

Menggosok kulit akan dapat menyakiti kulit anda dan akan dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk jerawat.

Menurut Heidi Waldrof , MD adalah seorang pakar dermatologist pada Waldrof Dermatology Aesthetics,New York bahwa adanya perbedaan dari tipe kulit biasanya disebabkan oleh faktor genetik.
Namun juga terdapat faktor pendukung lainya seperti lingkungan sekitar,aktifitas sehari hari dan juga hormon yang mempengaruhi kondisi kulit menjadi lebih buruk.

Bagi anda yang mengalami permasalahan kulit beerminyak,tak perlu khawatir karena anda bisa menjalankan tips alami untuk mengatasinya:

Perhatikan pola makan

Makanan pedas yang anda konsumsi memang dapat membangkitkan selera,namun begitu perlu juga anda ketahui ada efek negatif yang berdampak pada kulit yaitu dapat melebarkan pembuluh darah yang akhirnya membuat keluar banyak keringat.

Untuk lebih baiknya bagi anda pemilik kulit dengan tipe berminyak sebaiknya kurangi jenis makanan ini sedikitnya satu kali dalam seminggu.
Lalu gantilah jenis makanan makanan tersebut dengan makanan jenis sayuran seperti wortel,bayam atau blewah karena jenis makanan ini banyak mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat menghambat produksi minyak khususnya pada wajah.

Dengan membuat toner sendiri

Toner bisa digunakan setelah membersihkan wajah,dan biasanya dengan menggunakan kapas yang lembut.
Dan anda pun dapat membuat toner sendiri di rumah sesuai dengan tipe kulit kondisi kulit.

  - Bahan yang dapat digunakan adalah Witch Hazel sejenis tanamam dengan nama ilmiah hamamelis
    virginiana,dengan mrngunakan bagian daun,kulit pohon maupun ranting yang diolah sehingga
    menghasilkan air dengan cara destilasi.
    Aplikasikan pada wajah sebanyak dua kali selama 2 hingga 3 minggu,dan setelah minggu ketiga
    gunakanlah sekali dalam sehari.
    Kandungan yang terdapat pada tanaman ini adalah tannin,suatu zat yang memiliki efek astringent
    dan membuat pori pori lebih kencang pada saat kering.

  - Tanaman lainya yang bisa digunakan yaitu yarrow,sage dan pepermint.Bahan bahan ini juga me
    nimbulkan efek astringent,dan untuk membuatnya amblilah satu sendok makan seluruh bahan
    herbal ini lalu kemudian tambahkan air mendidih,selama 30 menit.Kemudian saring bahan tersebut
    dan biarkan dingin sebelum diaplikasikan pada wajah.

   - Menggunakan hyssop yaitu salah satu tanaman keluarga mint,yang sudah dipakai sejak jaman
     kuno pada prinsip prinsip pengobatan.
     Hyssop sangat bagus untuk kulit ,masukan satu sendok teh hyssop pada secangkir air,didihkan sela
     ma 10 menit dan kemudian saring dan biarkan dingin.
     Setelah membersihkan kulit aplikasikan bahan ini dengan kapas pada kulit berminyak.

   - Kombinasi lavender dan minyak esensial neroli yang berasal dari orange blossoms juga dapat
     menjadi pembersih dan penyegar wajah.Tuangkan sedikit air bunga levender serta tambahkan             sedikitminyak neroli,gunakanlah dengan cara menyemprotkanya pada wajah selama beberapa             hari.

Lakukan pemijatan

Sedkit serbuk halus dapat anda gunakan untuk menyerap minyak serta menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori pori kulit.
Bisa dilakukan dengan cara :
Giling dan kemudian saring 2 sendok teh gandum kering dan tambahkan Witch Hazel untuk melembutkan sehingga berbentuk seperti pasta,dengan menggunakan ujung jari lakukan pemijitan lembut pada kulit dan basuh wajah dengan air hangat.

Setelah anda membersihkanya lakukan juga pemijatan pada wajah dengan menggunakan buttermilk,dimana pada bahan ini terdapat kandungan aktif yang dapat membersihkan kotoran dan sumbatan pada pori pori,dan kemudian anda biarkan sejenak lalu basuh.

Gunakan masker alami

Dengan menggunakan bahan lumpur laut dapat membuat kulit wajah menjadi kencang,buatlah sendiri dengan bahan Witch Hazel dan bahan lainya seperti cypress oil dan minyak lemon.
Lalu aplikasikan pada wajah anda dan tunggu selama 10 menit.

Selain itu juga bisa anda gunakan masker dari putih telur karena bahan ini dapat mencerahkan kulit,dengan menambahkan madu agar khasiat lebih terasa.
Disamping ramuan ramuan tersebut juga terdapat ramuan ramuan lain yang terbuat dari apel dan sage,lavender ataupun pepermint.

Dan untuk hasil yang lebih maksimal andapun harus melakukan tips maupun trik yang telah disebutkan sebelumnya dengan cara yang rutin serta konsisten.





 




0 comments:

Post a Comment