Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi ~ Catatan Sehat

Friday, 6 May 2016

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Blood Pressure Vitamin

                Klik untuk detail produk Dr. Tobias Blood Pressure Support Supplement (90 Capsules)




Menjaga dan membatasi asupan akan konsumsi garam adalah salah satu cara yang penting dalam rangka mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi.
Namun begitu hal ini bukanlah satu satu nya hal yang harus dilakukan dalam rangka menjaga agar tekanan darah menjadi normal,seperti diketahui bahwa hipertensi ini merupakan salah satu penyakit yang datang atau kemunculanya secara diam diam dan sulit untuk diketahui apakah seseorang itu dengan hipertensi atau tdak tanpa mengukurnya.
Dan memang sudah diketahui bahwa kandungan garam atau sodium merupakan hal yang mengarah pada tekanan darah tinggi,namun untuk menjaga agar tekanan darah berada pada kisaran yang normal ada pula hal hal yang perlu diketahui selain menjaga asupan akan garam.

                                     
                                     

                                        Blood Pressure Protocol


Mengetahu seseorang dengan tekanan darah tinggi adalah dengan mengukurnya dan untuk diperhatikan hasil yang diperoleh dari pengukuranya tersebut.
Angka pertama yang diperoleh dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik yang mempunyai arti ukuran tekanan dalam arteri ketika jantung berdenyut,lalu kemudian angka berikutnya adalah tekanan diastolikyang mengindikasikan tekanan diantara detak jantung ketika jantung anda sedang beristirahat.
Dan sebagai informasi uantuk diketahui bahwa tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80.
Dan ketika pengukuran memperoleh suatu angka yang melebihi pada kisaran yang normal tersebut maka dapat dilakukan pengkategorian terhadap hasil pengukuran yaitu:

-Prahipertensi
Tekanan darah yang sesuai dengan hasil pengukuran memperoleh angka 120-139 intuk angka sistolik dan angka 80-89 untuk angka tekanan diastolik.
-Hipertensi Tahap I
Jika tekanan sistolik diperoleh angka antara 140-159,dan tekanan distolik menunjukan antara 90-99
-Hipertensi Tahap II
Jika angka hasil pengukuran menunjukan angka 160 atau lebih pada tekanan sisitolik dan angka tekanan diastolik menunjukan angka 100 atau lebih.

Sebagian besar manusia tidak menyadari akan apa yang mereka konsumsi dalam kesetiap harianya apalagi asupan kandungan dari apa yang dikonsumsinya.
Dan bagi kita semua yang berusaha agar tekanan darah dalam tubuhnya normal dapat mulai menjaga dan memperhatikan asupan kandungan apa yang kita konsumsinya.
Seperti sudah diketahui bahwa makanan yang banyak akan kandungan sodium nya dapat memicu munculnya tekanan darah tinggi dan secara otomatis makanan makanan tersebut harus dikurangi dalam konsumsinya.
Dan sebaliknya makanan makanan yang mempunyai kandungan potasium,magnesium dan juga serat dapat mengontrol,mengendalikan terjadinya tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Selain itu,dalam upaya mengontrol tekanan darah dalam tubuh dengan mengurangi asupan garam untuk perlu juga diperhatikan akan asupan kecap asin saat masak di dapur.
Misal makanan makanan yang mengandung kadar garam tinggi misalnya roti,saus tomat,saus sambal,cemilan krupuk dan kacang yang telah di bumbui.
Dan perlu juga untuk membatasi makan anda di luar karena cara terbaik untuk mengontrol suatu kandungan dalam makanan yang kita konsumsi adalah dengan cara memasaknya sendiri.
Dalam hal pengurangan kadar garam dalam kandungan makanan yang kita konsumsi ini dapat dilakukanya secara bertahap misalnya membatasi asupan sodium dalam apa yang kita konsumsi sebesar 2.400 miligram atau sekitar satu sendok teh.
Kemudian jika tubuh telah beradaptasi maka dilakukan sejumlah pengurangan akan asupan sodium hingga sejumlah 1.500 miligram atau sekitar 2/3 sendok teh,dan jumlah tersebut adalah sejumlah sodium yang dikonsumsi tubuh secara keseluruhan dari produk makanan dan apa yang anda masak atau sajikan di meja makan.

Bahwasanya tidak ada makanan yang bisa langsung menurunkan tekanan darah tinggi secara seketika dan hal itu tergantung pola makan dan juga apa yang kita konsumsi dalam rangka memperoleh kisaran angka yang normal tekanan darah.
Dan terdapat jenis jenis makanan tertentu yang perlu kita konsumsi dalam menu makanan sehari hari dan pula berkaitan dengan pola makan sehari hari yang berengaruh terhadap tekanan darah tinggi.
Beberapa di bawah ini jenis jenis makanan yang dapat dimasukan kedalam menu makan sehari hari yang dapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi:



Sayuran Hijau,seperti misalnya bayam dan ketumbar yang merupakan sebagai sumber kalium yang merupakan satu kandungan yang dapat menurunkan darah tinggi.Selain itu bayam juga tinggi serat,rendah kalori,dan juga mengandung nutrisi sehat seperti potasium,folat dan magnesium sebagai bahan utama dalam rangka menurunkan dan menjaga tekanan darah agar senantiasa normal. Selain itu juga dapat digunakan daun seledri yang juga sangat baik digunakan dalam rangka penurunan tekanan darah tinggi.


Sayuran Hijau,seperti misalnya bayam dan ketumbar yang merupakan sebagai sumber kalium yang merupakan satu kandungan yang dapat menurunkan darah tinggi.Selain itu bayam juga tinggi serat,rendah kalori,dan juga mengandung nutrisi sehat seperti potasium,folat dan magnesium sebagai bahan utama dalam rangka menurunkan dan menjaga tekanan darah agar senantiasa normal.
Selain itu juga dapat digunakan daun seledri yang juga sangat baik digunakan dalam rangka penurunan tekanan darah tinggi.

     
                   Blood Pressure Protocol


Tingkatkan asupan akan nutrisi dan biji bijian buah utuh,ikan,unggas,dan juga kacang kacangan,buah dan juga sayur

Susu skim,adalah salah satu jenis susu bebas lemak yang kaya akan kandungan kalsium dan dan juga Vitamin D,karena kedua jenis kandungan ini juga memiliki peranan yang penting dalam rangka penurunan tekanan darah tingi.

Tomat,salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan kalsium,magnesium,vitamin C,vitamin D dan juga vitamin E yang turut berperan dalam menstabilkan tekanan darah.

Bawang putih,sebagai pelengkap agar makanan yang anda masak menjadi gurih dan harum ini dapat dikatakan bahwa satu siung bawang putih dapat memberikan satu keajaiban yakni untuk mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan jantung.
Untuk itu supaya jangan ragu ragu untuk menambahkan bawang putih ini ke dalam masakan yang kita masak sebagai bumbu.

Gandum,dapat di pakai sebagai ganti sarapan nasi anda.
Dan perlu diketahui bahwa gandum ini merupakan sahabat bagi para penderita tekanan darah tinggi,dan jika dikonsumsi secara rutin akan efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Biji bunga matahari,merupakan sumber besar magnesium yang dapat dijadikan sebagai cemilan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

Minyak Zaitun,mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mengontrol tekanan darah.

Kentang putih,kaya akan kandungan magnesium dan potasium yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Pisang,merupakan buah fungsional yang kaya akan kandungan kalium.
Jadi merupakan satu plihan makanan yang sangat tepat jika dimasukan dalam menu makanan sehari hari dalam upaya menurunkan tekanan darah tinggi.

Kedelai,adalah sumber lain yang sangat baik akan kandungan kalium dan magnesium.
Dapat memilih untuk mengkonsumsi dalam bentuk olahan susu kedelai atau mengkonsumsi kedelai yang telah dimasak karena sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah buahan segar,seperti msalnya apokat,tomat,zaitun dan juga mengkudu.
Buah buahan segar mengandung banyak sekali nutrisi baik vitamin maupun mineral yang dapat digunakan untuk melawan tekanan darah tinggi.

Selain hal hal makanan yang telah disebutkan an diuraikan diatas,dalam rangka penurunan tekanan darah tinggi untuk sekiranya perlu juga memperhatikan akan asupan minum air putih sebanyak delapan gelas per harinya dalam rangka kebutuhan cairan dalam tubuh yan gdapat berfungsi untuk membebaskan dari penyakit tekanan darah tinggi dan komplikasi lainya.








0 comments:

Post a Comment