5 Aktifitas Yang Disepelekan Tetapi Bisa Membuat Kualitas Sperma Pria Menurun ~ Catatan Sehat

Thursday, 8 September 2016

5 Aktifitas Yang Disepelekan Tetapi Bisa Membuat Kualitas Sperma Pria Menurun

dikutip dari laman health.com ketidaksuburan pada pihak suami bisa terjadi karena kualitas sperma yang buruk dan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa aktifitas tertentu





Improve Sperm Quality



Bagi seetiap pasangan yang sudah menikah adalah segera memiliki momongan merupakan suatu yang sangat dikehendaki dan merupakan suatu impian yang indah.Tapi sayangnya kenyataan menunjukan bahwa tidak semua pasangan bisa segera hamil dan mendapatkan impianya tersebut dan bisa jadi hal ini terjadi karena masalah ketidaksuburan.
Untuk perlu diketahui juga bahwa sebenarnya masalah ketidaksuburan tidak hanya menjadi faktor sang istri,dalam beberapa kasus juga terjadi adanya ketidaksuburan yang terjadi pada suami dan hal ini menyebabkan sang istri tidak lekas hamil.

Dikutip dari halaman health.com ketidaksuburan pada pihak suami bisa terjadi karena masalah kualitas sperma yang buruk,dan baik buruknya kualitas sperma sering disebabkan dari beberapa aktivitas.
Dan beberapa aktifitas yang dapat memperburuk kualitas sperma diantaranya:

    Sering mandi air panas

Sebaiknya bagi para pria yang menyukai mandi air panas sebaiknya untuk mengurangi aktifitas ini,sebabnya apa?Sebuah study mengungkapkan bahwa mandi dengan air panas akan dapat memperburuk kualitas sperma.
Seorang Urolog yang bernama Paul Shin dari Washington DC mngungkapkan bahwasanya paparan air panas pada testis atau organ intim pria bisa berdampak pada kuslitas sperma untuk waktu yang lama.Pada dasarnya sperma butuh waktu yang lama agar ia bisa tumbuh dewasa dan berhasil membuahi sel telur dengan baik.

Jika testis terlalu sering terkena air panas hal ini mengakibatkan dan berpengaruh pada pertumbuhan sperma dan membuat kualitasnya tidak maksimal.
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 mengungkapkan jika berendam diair panas sedikitmya selama 30 menit akan mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas sperma dengan cepat.

   Penggunaan laptop

Pada zaman modern seperti saat ini,laptop dan segala jenis gadget lainya sudah merupakan suatu kebutuhan yang bisa dikatakan utama bagi sebagian besar orang.
Tapi setidaknya untuk diketahui bahwa penggunaan laptop yang terlalu sering apalagi dengan memangkunya terlalu sering bisa menurunkan kualitas sperma pada pria.
Menurut suatu penelitian yang dilakukan di State University of New York di Stony Brook menemukan jika penggunaan laptop bisa meningkatkan suhu skrotum hingga 35 derajat.

Dan peningkatan suhu inilah yang dipercaya bisa sangat berpengaruh pada kualitas sperma.Tak hanya buruk bagi kualitas sperma pria,penggunaan laptop juga akan sangat buruk bagi kesuburan wanita.Jadi selayaknyalah untuk menggunakan laptop seperlunya saja,dan misalkan harus berada didepan laptop selama sehari penuh usahakanlah agar untuk menjaga pola makan dengan baik dan tetap miliki istirahat.

    Penggunaan celana yang salah

Dr Danzer menyarakan jika penggunan celana yang salah juga akan menyebabkan terjadinya masalah kualitas sperma yang tidak baik.Pemakian celana dalam yang terlalu ketat juga ajakan menyebabkan berdampak buruk bagi jumlah dan kualitas sperma.Sangat disarankan kepada para pria agar memilih celana dalam yang tepat dalam artian tidak terlalu ketat agar kesuburan yang ia miliki lebih maksimal.
Dan hal ini juga tidak hanya untuk pria,wanita juga sangat disarankan untuk tidak mengenakan celana dalam yang tidak terlalu ketat.

   Konsumsi alkohol,rokok dan obat terlarang

Aktivitas selanjutnya yang sangat berdampak buruk pada kualitas sperma pria adalah konsumsi minuman beralkohol,rokok dan obat terlarang.
Tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh secara umum,dampak negatif dari konsumsi alkohol,rokok dan obat terlarang juga berpengaruh besar terhadap kualitas sperma pria.
Dan juga pemakian alkohol,merokok dan obat teralarang tidak hanya berdampak buruk bagi kualitas sperma pria,namun juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita.
Jadi usahakanlah untuk menghindari pemakaian pemakaian hal hal ersebut jika tetap ingin subur bagi pasangan yang sudah menikah dan segera memiliki anak.

   Olah raga terlalu berat

Olah raga memang sangat baik untuk kesehatan,namun demikian jika melaukanya terlalu berat dan dalam intensitas yang padat justru hal tersebut akan berdampak pada tidak baiknya kualitas sperma.
Suatu penelitian mengungkapkan jika olah raga yang terlalu berat dapat menigkatkan suhu tubuh,dan karena peningkatan sugu tubuh iniah yang bisa mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas sperma dan menjadi tidak sebaik sebelumnya.
Dan para peneliti menyarankan agar dalam melakukan olah raga secara sewajarnya saja dan jangan telalu berlebihan jika menginginkan kualitas sperma selalu dalam keadaan baik.

Itulah tadi beberapa aktivitas yang mengakibatkan kualitas sperma pria menjadi menurun.
Dan tidak hanya membuat kualitas sperma pria menjadi menurun,aktivitas ini juga akan dapat membuat berkurangnya kesuburan seorang wanita.
Selain aktivitas aktivitas tersebut yang akan dapat mengurangi kualitas sperma seorang pria dan kesuburan wanita juga pola mkan yang tidak sehat dan juga kekurangan vitamin C,penggunaan ponsel,lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja yang tidak sehat,konsumsi obat obatan antibiotik,obesitas dan masih banyak lainya yang berpotensi mengurangi kualitas sperma seorang pria dan kesuburan wanita.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment