Skip to main content

Featured

Empon Empon Penangkal Virus Corona dan Cara Membuatnya

Dewasa ini penyebaran serta penularan Virus Corona sebagai penyebab Covid-19 sudah semakin mengkhawatirkan banyak pihak serta masyarakat.Tidak hanya di Indonesia saja bahkan di dunia banyak negara sudah banyak yang terpapar Virus Corona yang menyebabkan penderitanya sakit karena virus ini menginfeksi saluran pernafasan.

Para ahli dibidang virus maupun para pakar kesehatan masyarakat serta para medis pun telah memberikan suatu cara cara atau trik untuk menanggulangi penyebaran virus ini.Terkait dengan imbauan yang harus dipatuhi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaranya.Tentunya hal hal yang berkaitan dengan pemutusan mata rantai penyebaran virus inipun harus mendapat dukungan dari pemerintah agar masyarakat tidak mengabaikanya.




Selain dengan melakukan physical distancing yang dianjurkan WHO untuk melakukan pemutusan mata rantai penyebaran virus ini,pada tiap individu pun dianjurkan untuk menjaga dirinya dengan berlaku hidup sehat dan bersih.
Diantaranya dengan rajin mencuci ta…

5 Langkah Menghentikan Penyebaran Virus Corona

Semakin hari penyebaran Virus Corona di Indonesia khususnya saat ini menunjukan angka peningkatan yang signifikan,dilihat dari laporan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait jumlah penderita positif Covid-19,jumlah pasien yang meninggal ataupun jumlah pasien yang berhasil disembuhkan.


Gunakan masker agar terhindar dari Virus Corona


Hal ini tentunya mengkhawatirkan,oleh karenanya harus diupayakan langkah langkah yang serius dalam rangka pencegahan penyebaran virus agar jumlah penderita dapat ditekan.
Dengan jumlah passien yang dapat diminimalkan,otomatis dengan berjalanya waktu penyebaran Virus Corona dapat dihentikan,dimusnahkan keberadaanya sehingga kehidupan bisa berjalan normal kembali.
Agar upaya penghentian laju penyebaran Virus Corona ini dapat dihentikan memang bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.
Pemerintah dalam hal ini harus mengupayakan kerja sama yang benar benar erat dengan masyarakat,bagaimanapun masyarakat memegang peranan penting dalam hal ini.Diperlukan suatu kesadaran sepenuhnya untuk melaksanankan himbauan yang dikeluarkan para ahli dari World Health Organization / WHO melalui pemerintah dalam rangka menghentikan penyebaran Virus Corona.

Pemerintah Indonesia dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengingatkan 5 hal yang bisa dilakukan dalam rangka menghentikan penyebaran Virus Corona.
Dalam hal ini,5 hal tersebut yang harus dilakukan masyarakat adalah:

Untuk selalu rajin mencuci tangan

Para ahli mengungkapkan dalam rangka menghentikan laju penyebaran Virus Corona tersebut adalah dengan rajin mencuci tangan.
Karena dengan sering mencuci tangan dengan sabun minimal selama 20 detik ataupun dengan membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol dengan kadar 60 % akan mampu mematikan virusnya.
Seperti diketahui bahwa penyebaran Virus Corona tersebut dapat terjadi salah satunya adalah dengan menghirup udara langsung percikan udara dari batuk atau bersin dari mereka yang terinfeksi.
Selain itu cara penularan yang lain adalah ketika menyentuh permukaan benda benda yang diatasnya terdapat cairan cairan / droplet dari orang yang sudah terinfeksi Covid-19 ataupun juga bersentuhan/bersalaman dengan pembawa ( carrier) Virus Corona.

                   Baca jugaCovid-19 penyebab gejala serta cara pencegahan yang harus dilakukan

Seperti sudah diketahui oleh para ahli bahwa Virus Corona bisa bertahan hidup pada permukaan benda sampai dengan beberapa jam dan juga beberapa hari.
Oleh karenanya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun ataupun dengan menggunakan hand sanitizer adalah suatu langkah yang tepat untuk menghentikan laju penyebaran Virus Corona.
Dalam hal membersihkan tangan dengan mencucinya sesuai dengan kutipan covid-19.go.id ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Para ahli kesehatan menyarankan agar mencuci tangan dengan menggunakan sabun dengan air yang mengalir minimal selama 20 detik.
  • Dalam hal ini sabun memiliki kandungan senyawa yang dapat mengikat molekul air dan minyak secara bersamaan termasuk kuman yang berada di tangan.Setelah itu air akan membawa pergi minyak dan kuman yang telah terikat.
  • Untuk benar benar membersihkan bagian tangan baik itu telapak tangan dengan cara saling menyentuh dan juga benar benar membersihkan sela sela jari,kelingking maupun jempol tangan.
  • Untuk melakukan kedua tangan dengan menukar posisi sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih setelah minimal 20 detik.
  • Keringkan kedua belah tangan dengan menggunakan handuk bersih atau dapat juga diangin anginkan,pastikan hingga kering karena kuman lsbih mudah hidup dalam kondisi basah.
  • Dalam hal mencuci tangan dengan menggunakan sabun tersebut lakukan setelah tiba di rumah dari tempat kerja,dari tempat umum ataupun dari sekolah sebelum makan atau menyiapkan makanan dan setelah menggunakan toilet.
Meningkatkan daya tahan tubuh

Selayaknya dalam menghadapi penyebaran Virus Corona yang mengakibatkan penyakit Covid-19 ini,diperlukan suatau daya tahan / imunitas yang kuat agar terhindar dari paparan virus ini.
Daya tahan tubuh merupakan garda terdepan yang efektif untuk menghambat penyebarannya,sehingga pastikan beberapa hal yang mendukung meningkatkan daya tahan tubuh yang selayaknya menjadi pegangan/pedoman:
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  • Untuk secara rutin berolah raga.
  • Tidur yang cukup.
  • Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi yang seimbang,dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur,buah,daging tanpa lemak,kacang kacangan maupun biji bijian.Selain itu juga beberapa vitamin dan mineral dapat membantu menjaga imun tubuh seperti Vitamin B,C,D,E serta mineral zinc dan zat besi.
  • Lengkapi dengan suplemen,meski bukan suatu keharusan suplemen yang beredar di masyarakat dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B,Vitamin C hingga multivitamin.
Gunakan masker

Dalam hal ini paengguaan masker bertujuan agar tidak tertular dan menularkan virus bagi yang sudah terinfeksi.Apalagi jika dalam keadaan flu,batuk pilek serta bersin bersin pemakian masker sangat efektif dalam rangka menekan penyebaran virus.

Namun jika kebetulam sedang tidak menggunakan masker,berikut hal hal etika atau cara yang tepat untuk diterapkan jika batuk maupun bersin agar tidak menularkan Virus Corona :
  • Tutup hidung serta mulut dengan tisu ataupun sapu tangan.
  • Jikapun tidak ada tisu / sapu tangan gunakan lengan baju.
  • Segera buang tisu ke tempat sampah.
  • Segera cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang berbasis alkohol 60%.
  • Selayaknya gunakan masker.
Selain dengan menggunakan masker,juga hal yang perlu dilakukan adalah supaya jangan terlalu sering menyentuh wajah karena mulut,hidung ataupun mata bisa merupakan pintu masuk virus.
Selayaknya pastikan terlebih dahulu tangan dalam keadaan bersih dengan mencuci menggunakan sabun atau membersihkanya dengan hand sanitizer sebelum menyentuh wajah.

Jaga jarak aman / physical distancing

Physical distancing adalah suatu konsep yang dikeluarkan oleh WHO dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.
Suatu konsep untuk menjaga jarak aman ketika berada di tempat umum dengan menjaga jarak antar individu secara fisik sejumlah satu meter.
Terlebih dengan menjaga jarak terhadap orang yang sedang sakit,terkait dengan himbauan ini,masyarakat diminta untuk menghadiri suatu kerumunan ataupun acara acara yang menghadirkan banyak orang yang menimbulkan kerumunan.Sampai saat ini telah dikeluarkan himbauan untuk tidak berkerumun ataupun mengadakan suatu acara dengan mengundang banyak orang.Suatu himbauan dalam rangka untuk memeutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona sebagai penyebab Covid-19.



Vitamin untuk mencegah Virus Corona


Untuk dirumah saja

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini dihimbau kepada semua orang untuk di rumah saja.Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kontak dengan orang lain,selain kontak dengan orang uang serumah saja.
Suatu cara yang dianggap efektif untuk menurangi potensi penyebaran Virus Corona,dan karenanya saat ini pun telah banyak para pelajar ataupun mahasiswa yang telah diliburkan,para pekerja yang melakukan pekerjaanya dari rumah serta agar masyarakat melakukan kegiatan diluar rumah untuk hal hal yang penting dan mendesak saja seperti membeli bahan pangan ataupun obat obatan.

Berikut ini beberapa panduan yang diterapkan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 :
  • Untuk menghindari pertemuan besar / lebih dari 10 orang
  • Untuk jangan pergi ke sarana kesehatan kecuali memang benar benar diperlukan.Jika memiliki anggota keluarga yang sakit di rumah sakit,agar membatasi jumlah penunggunya dengan memperhatikan individu yang rentan terhadap Virus Corona seperti lansia maupun orang dengan berpenyakit.
  • Orang dengan resiko tinggi sebaiknya untuk tetap di rumah,hindari hal yang memudahkan terpapar virus misalnya melakukan perjalanan.
  • Beri dukungan terhadap keluarga atau tetangga yang terinfeksi virus yang tidak tinggal serumah meskipun dengan tidak menjenguk secara langsung misalnya dengan menggunakan komunikasi melalui HP.
  • Untuk mengikuti perkembangan yang terjadi terkait Covid-19 ini,karena situasi dan kondisinya sangat cepat berubah sesuai dengan kecepatan penyebaran virus ini.
Selain dengan memahami langkah langkah untuk menghentikan penyebaran virus ini,juga bisa dengan memahami gejala gejala yang ditimbulkan akibat Virus Corona.
Penyebaran berita ataupun kabar tentang virus ini dapat diperoleh melalui media massa maupun media sosial yang dapat dengan mudah untuk diakses.



Baca juga :











Comments

Popular Posts